You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Jagabaya
Desa Jagabaya

Kec. Cimaung, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Sejarah Desa

IRFAN SOPIAN 10 Agustus 2018 Dibaca 985 Kali
Sejarah Desa

Menurut histories, secara bahasa kata JAGABAYA berasal dari penggabungan dua buah kata yaitu " JAGA " dan " BAHAYA " . dan secara etimologi mempunyai maksud bahwa para leluhur yang mendiami desa ini mempunyai harapan agar selama berada di tempat yang mereka tinggali selalu ter-JAGA dari mara-BAHAYA. maka lahirlah kata JAGABAYA sebagai nama tempat tinggal atau sebuah desa.

sedangkan menurut cerita dari para leluhur desa ini, mereka memaparkan bahwa sebeum tahun 1900-an di wilayah ini sering terjadi peristiwa pertengkaran yang ditimbulkan oleh orang-orang pendatang. pada suatu saat datanglah dua orang pendatang ke desa ini dengan waktu yang hampir bersamaan. seorang dari SUMEDANG bernama PURBAKUASA, dan seorang lagi dari MATARAM bernama CAKRABUANA.

setelah beberapa waktu mereka tinggal di desa ini sering terjadi perselisihan dinatara mereka sehingga menimbulkan pertengkaran sampai pertarungan fisik adu kesaktian. Singkat cerita pertarungan itu dimenangkan oleh PURBAKUASA, sedangkan pihak yang kalah yaitu CAKRABUANA kembali ke tempat asalnya di MATARAM. Selanjutnya PURBAKUASA terus bermukim di desa ini, beliau terkenal dengan sebutan MBAH PURBAKUASA.

Masyarakat meyakini sebuah mata air yang tidak pernah kering walaupun di musim kemarau panjang, dan anehnya jika musim penghujan tiba volume air itu seperti tidak bertambah dan airnya selalu jernih, ialah mata air BUNGUR dan CIENDOG yang asal mula air tersebut dari sumber CIHAURBEURIT yang diyakini sebagai tempat berwudlunya MBAH PURBAKUASA.

Pada suatu waktu penduduk desa ini terserang suatu musibah yaitu penyakit demam/panas yang pada waktu itu terkenal dengan PENYAKIT SALAD, setelah jangka waktu yang cukup lama, penyakit ini susah diobati. Berkat Karunia Allah SWT melalui do'a do'a serta pengobatan dari MBAH PURBAKUASA, masyarakat yang terkena wabah dapat disembuhkan, dan terjaga dari marabahaya. Maka tempat bermukimnya MBAH PURBAKUASA dinamakan JAGABAYA kalau sekarang tepatnya di Kampung JAGABAYA KALER. dan MBAH PURBAKUASA termasyhur dengan sebutan MBAH JAGABAYA yang berarti orang yang dapat menyembuhkan atau dapat menghindarkan marabahaya.

 

Demikian selanyang pandang atau sejarah singkat Desa Jagabaya yang dapat kami sampaikan kepada para pegiat Medsos, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 

 

"Alhamdulillah saya besok mau ke Desa Jagabaya dalam program BSPS.
Karwaji 19 April 2020
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2023 Pelaksanaan

Pendapatan Desa
Rp 150.000.000,00 Rp 150.000.000,00
100%

APBDes 2023 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp 20.000.000,00 Rp 20.000.000,00
100%
Bantuan Keuangan Provinsi Desa
Rp 130.000.000,00 Rp 130.000.000,00
100%

APBDes 2023 Pembelanjaan